Gempa Hari Ini: D「Live Baccarat official website」ipicu Aktivitas Sesar, Lindu M 5,2 Guncang Halmahera Selatan

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:IndonesiaGaming

Live BLive Baccarat official webLive Baccarat official websitesiteaccarat official websitenamun, masyarakat tetaLive Baccarat official websitep diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, dari hasil pemodelan BMKG gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat di daerah terdampak guncangan Live Baccarat official websitejuga perlu memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Kendati tidak berpotensi tsunami, tetapi getaran guncangan gempa akibat aktivitas sesar di Halmahera Selatan ini cukup berdampak di daerah Labuha, karena guncangan dirasakan dengan skala intensitas IV MMI.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  Mw=5,0.

Sementara itu, berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga pukul 18.20 WIB, Jumat (26/2/2021), belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

"Kepada masyarakat (Halmahera Selatan dan sekitarnya) diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu (gempa dipicu aktivitas sesar) yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap dia.

KOMPAS.com- Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,2 dipicu aktivitas sesar mengguncang wilayah Halmahera Selatan pada pukul 18.02 WIB, Jumat (26/2/2021).

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault)," kata dia.

Pusat gempa bumi ini terletak pada koordinat 0,55 LS dan 127,56 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km arah Utara Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara pada kedalaman 10 km.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ujarnya.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 3,6 Guncang Kebumen dan Banyumas, Dipicu Sesar Aktif

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,2 Guncang Majene dan Maluku Terasa hingga Polewali

Di mana guncangan dengan skala tersebut, bila pada siang hari umumnya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5, 1 Guncang Pandeglang Terasa hingga Malingping

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.