Triple Kon「Ranking of Asian Bookmakers」jungsi Bulan

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:IndonesiaGaming

Jarak suduRaRanking of Asian BookmakersnkRanking of Asian Bookmakersing of Asian Bookmakerst antara JupRanking of Asian Bookmakersiter dengan Saturnus sebesar 12,42 derajat dan jarak sudut antara Saturnus dengan Bulan sebesar 8,03 derajat, ketiganya terletak di konstelasi Capricornus.

Baca juga: Fenomena Langit Malam Ini, Konjungsi Bintang Raksasa Merah Pollux dan Bulan

Ketiganya masih ada di konstelasi Capricornus.

"Untuk tanggal 7 April, posisi ketiganya akan seperti segitiga siku-siku sama kaki dengan urutan dari rendah ke tinggi dari ufuk timur-tenggara: Jupiter-Bulan-Saturnus," jelas dia.

Peneliti di Pusat Sains dan Antariksa Lapan, Andi Pangerang menyebut konfigurasi dari konjungsi ini akan berbeda-beda mulai dari tanggal 6, 7, dan 8 April.

Sementara pada hari ketiga atau 8 April 2021, posisinya hampir sama seperti tanggal 6 yakni nyaris membentuk garis lurus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Dalam pekan pertama bulan April 2021 ini, setidaknya Lapan menyebut akan ada 3 fenomena astoronomi, salah satunya adalah triple konjungsi antara Bulan, Saturnus, dan Jupiter ini.

KOMPAS.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memprediksi akan terjadi triple konjungsi antara Bulan, Jupiter, dan Saturnus pada 6-8 April 2021.

Baca juga: Fenomena Langit Hari Ini, Hari Tanpa Bayangan dan Konjungsi Bulan-Antares

"Untuk tanggal 6 April, posisi ketiganya akan nyaris lurus dengan urutan dari paling rendah hingga paling tinggi di ufuk timur-tenggara: Jupiter-Saturnus-Bulan," kata Andi.

Mengutip laman Planetarium Jakarta, konjungsi dalam astronomis berarti kesearahan lokasi benda langit apabila diamati dari Bumi.

"Akan tetapi, urutannya berbeda, dari rendah ke tinggi di ufuk timur-tenggara: Bulan-Jupiter-Saturnus. Jupiter dan Saturnus sama-sama terletak di konstelasi Capricornus sedangkan Bulan sudah bergeser ke Aquarius," papar Andi.