Peralatan yang Digunakan untuk Seduh「Lottery betting platform」 Kopi Metode V60

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:IndonesiaGaming
insight di email kamu.

Daftarkan email

“Kalau membuat kopi dengan V60 variabelnya ada gilingan, air dengan suhu air tertentu dan temperatur,” papar pemilik dari Amstirdam Coffee Malang sekaligus WBC & WLAC Certified Technical Judge 2019-2021, Sivaraja kepada Kompas.com, Rabu (25/6/2020).

JAKARTA,KOMPAS.com  - V60 merupakan metode seduh kopi manual yang sering digunakan oleh kafe-kafe kopi. Metode ini sebenarnya terbilang mudah dan dapat kamu lakukan di rumah.

Ada kertas khusus yang berfungsi sebagai saringan dan membuat kopi menetes perlahan ke gelas.

Sebab ada filter yang berguna menahan minyak untuk turun saat disebut.

Baca juga: Resep Cupcakes Infused Coffee, Cara Baru Nikmati Kopi

Alat untuk menyeduh kopi dengan metode V60 adalah gelas V60 dripper, termometer untuk mengetahui suhu air, pemanas air, dan kertas filter V60.

Waktu seduh kopi dengan mentode V60 hanya butuh dua sampai tiga menit, sehingga cocok bagi kamu yang suka menikmati kopi berkualitas tetapi tak punya banyak waktu. 

Lalu siapkan kopi yang sudah digiling medium sebanyak 15 gram, dan air 250 gram. Bisa juga kopi 20 gram dan air 300 gram sampai 350 gram, dengan rasio 1 banding 15.

Baca juga: Apa Itu V60? Cara Seduh Kopi Manual yang Umum Ditemui di Kafe

Kopi yang dihasilkan dari metode V60 akan lebih menonjolkan rasa dan aroma. Akan tetapi lebih terasa ringan karena tidak ada minyak dan waktu kontak air dengan kopinya juga terbilang singkat. 

Metode V60 dilakukan dengan menuangkan air panas secara perlahan dengan gerakan melingkar di sekitar bubuk kopi.

Keuntungan menyeduh kopi dengan teknik V60 adalah kopi yang digunakan lebih bersih dan tidak berminyak.